Rabu, 14 Maret 2018

AMD Esports Caster Talent 2018 Menggali Potensi Caster eSports di Indonesia

Fenomena dunia olahraga elektronik atau eSports makin menjamur di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Profesi terbanyak saat ini masih sebagai pemain di dalam sebuah tim maupun sebagai atlet eSports, namun ada juga profesi yang mungkin kurang dilirik namun sebenarnya memiliki peranan penting dalam sebuah pertandingan eSports, yaitu seorang caster atau komentator pertandingan.

Seorang caster berperan dalam membawa alur sebuah tontonan eSports melalui analisa permainan yang menjadi begitu penting apabila pertandingannya dilakukan dalam sebuah acara. Untuk menjadi seorang caster yang handal, dibutuhkan seseorang yang memahami mekanisme dari sebuah game eSports yang dimainkan, apapun judul gamenya; disinilah kehandalan seorang caster profesional benar-benar dibutuhkan.

Perkembangan dunia eSports di Indonesia sendiri masih belum menggembirakan. Meskipun proyeksi tahun ke tahun semakin meningkat jika dilihat dari turnamen berskala kecil hingga skala internasional yang sudah banyak digelar di Indonesia, ditambah pula dengan munculnya banyak tim-tim baru di berbagai genre game khususnya DotA 2, jumlah profesional caster yang ada di Indonesia masih kurang memadahi untuk mendukung jalannya turnamen-turnamen tersebut. Lebih lagi dalam turnamen kelas internasional, tuntutan untuk memiliki kemampua berbahasa Inggris yang baik dan benar sebagai standar caster masih belum bisa terpenuhi seluruhnya.

AMD Indonesia mengadakan pagelaran ajang AMD eSports CAST 2018 yang bertujuan untuk menemuan bibit bakat caster di Indonesia yang nantinya diharapkan dapat mengisi kebutuhan caster di Indonesia. AMD  Indonesia juga bekerjasama dengan Logitech G sebagai perlengkapan gaming gear ternama di dunia yang memiliki lini produk gaming lengkap mulai dari mouse, mousepad, keyboard, headset, hingga speaker, yang kerap kali digunakan oleh para gamers terbaik di dunia; dan Supreme League Arena yang merupakan AMD eSports Battle Station pertama di Indonesia yang berfokus di media penyiaran eSports (broadcast media).

Acara yang akan digelar secara online dan offline ini akan menorehkan sejarah di dunia profesi caster eSports Indonesia dengan jumlah total hadiah sebesar Rp. 25.000.000, berupa hadiah uang tunai, produk dari Logitech G, give away prosesor dan kartu grafis AMD, dan juga berbagai hadiah menariklainnya.

Dari pendaftaran AMD eSports Caster Talent 2018 yang dimulai pada tanggal 19 Januari dan telah ditutup pada tanggal 28 Januari yang lalu, tercatat ada 63 orang pendaftar. Perhelatan ini dimulai dengan Online Qualifier (Audisi) pada tanggal 5-18 Februari yang nantinya hanya menyisihkan 12 orang yang melaju ke babak selanjutnya. Kemudian dilanjutkan dengan Best of 12 dimana 12 caster yang lolos dari tahap sebelumnya akan disaring lagi hingga menjadi 6 orang yang akan beradu kemampuan di Incredible 6.

Setelah 6 orang beradu di Incredible 6 yang hanya akan menyisakan 3 orang grand finalis, babak terakhir dari kompetisi ini, Amazing 3, akan dimulai. Nantinya salah satu dari ketiga orang yang lolos ke Amazing 3 akan dinobatkan sebagai pemenang dari AMD eSports Caster Talent 2018.



from Klik Game http://ift.tt/2FFYFrH
via IFTTT

0 komentar:

Posting Komentar