Rabu, 28 Februari 2018

IndiHome eSports League, Kompetisi Terbesar di Indonesia Berhadiah Rp 1 Miliar

Para peserta games eSports di Tanah Air bakal bersuka cita seiring akan diselenggarakannya “IndiHome eSport League” oleh Telkom melalui IndiHome pada Maret 2018 hingga akhir 2019. Hadiah total uang Rp 1 miliar yang disediakan panitia diharapkan memunculkan spirit bertanding di liga games online ini.

Di era digitalisasi dan modern saat ini permainan eSports atau olahraga elektronik sedang booming, khususnya di kalangan kawula muda. Games eSports tidak hanya dijadikan pertandingan yang fun untuk mengisi waktu luang, tapi kini bisa dijadikan sebuah pekerjaan dan menghasilkan uang.

Mendukung aktivitas dan aspirasi para audien eSports di Tanah Air, Telkom melalui IndiHome akan menyelenggarakan “IndiHome eSports League” pada Maret 2018 hingga akhir 2019, dengan 4 season selama liga berlangsung. Tak hanya itu, Telkom akan membuat gamers semakin nyaman dengan menyediakan paket data khusus gamers dan memperkuat konektivitas melalui jaringan fiber optic yang disediakan IndiHome, sehingga aktivitas gamers eSports selalu stabil, responsif dan minim lag.

Mustakim Wahyudi, Assistant Vice President Marketing Communication, PT Telekomunikasi Indonesia mengatakan, “IndiHome eSports League merupakan liga terbesar di Indonesia, karena digelar secara masif dan serempak di seluruh Indonesia dengan total Mobil Indihome (MOBI) lebih dari 3000 unit. Liga ini dilaksanakan secara berkelanjutan hingga 2 tahun ke depan dan melibatkan lebih dari ribuan tim dengan total hadiah yang disediakan sebesar 1 miliar”.

Masing-masing season “IndiHome eSports League”, jelas Mustakim, akan menggunakan jenis games yang berbeda. Tahun 2018 ini, games yang dipergunakan adalah Vainglory. “Pada season 1, yaitu Maret sampai Mei 2018, menggunakan games Vainglory, dan saat bersamaan sedang launching 5V5”, imbuhnya.

Kehadiran Vainglory membuat komunitas games ini semakin antusias untuk membuat tim. Sebelumnya setiap tim yang berjumlah tiga member bertambah menjadi 5 member setiap team. “Bertambahnya member di setiap tim untuk games Vainglory, semakin menyemarakkan “IndiHome eSports League” season 1 ini”, kata Mustakim optimis.

Penilaian Pemenang Liga eSport

Penyelenggaraan “IndiHome eSports League” ini, setiap season dibagi menjadi 3 babak kompetisi, yaitu Babak Scoring per Regional, Babak Group Stage, dan Babak Grand Final. Babak Scoring per Regional adalah babak pencarian skor tertinggi pada masing-masing regional selama 8 minggu yang dilaksanakan setiap akhir pekan (Sabtu & Minggu).

Seluruh peserta yang mendaftar dapat memilih lokasi pertandingan (Mobil IndiHome) dengan waktu operasi MOBI mulai pukul 10.00 17.00. Pilihan lokasi pertandingan atau lokasi Mobil IndiHome akan tercantum dalam aplikasi Indihome eSports yang dapat didownload oleh seluruh peserta di Playstore.

Setiap peserta dapat bermain sebanyak mungkin dengan lawan bertanding di IndiHome Cars lain yang telah siap tanding. Setiap tim akan mencari score tertinggi pada setiap minggunya untuk memperebutkan rewarding prize sebesar Rp 500.000 per minggu per Regional. Kemudian, pada akhir Babak Scoring (setelah minggu kedelapan) akan diberikan hadiah Highest Score untuk 2 Tim Terbaik (Highest 1) secara nasional, dengan hadiah Rp 1.000.000, sementara juara kedua mendapatkan hadiah Rp 500.000.

Babak Group Stage merupakan ajang pertandingan 4 Tim Terbaik dari setiap Regional, sehingga nantinya ada 7 grup berdasarkan wilayah Telkom Regional. Pada babak ini setiap grup Telkom Regional berisi 4 tim. Nantinya, tim dengan skor tertinggi akan saling bertanding melawan seluruh tim yang berada di dalam grup tersebut untuk menjadi Tim Terbaik pada masing-masing grup.

Juara dari masing-masing grup di babak Group Stage akan masuk ke Babak Grand Final. Pada babak terakhir ini, mereka akan berlaga di Stadium eSports, yang merupakan stadium terbesar di Jakarta, untuk memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp 75 juta. Pada tahap ini, panitia tak hanya mencari Tim Terbaik dari setiap grup, tapi juga memberikan wild card untuk memberi kesempatan pada satu Tim Terbaik dari seluruh Team Runner Up.

Untuk penyelenggaraan even “Indihome eSport League” ini Indihome bekerjasama dengan MD Media. “Tantangan besar eSports adalah mengubah persepsi para orang tua bahwa eSports selalu berdampak kurang baik. Kami berharap eSport yang kami kembangkan dapat menghadirkan hiburan yang positif, menumbuhkan nilai kreatif, juga melatih kecepatan, ketangkasan, jiwa kompetitif, team-work dan mental sportif melalui media digital”, kata Syaifudin, Direktur Utama PT Metra Digital Media (MD Media).

Selain menyelenggarakan Liga eSport ini, MD Media dalam waktu dekat akan menghadirkan eSports Stadium terbesar di Indonesia. eSports Stadium ini akan dilengkapi perangkat dan konektifitas “State-of-the-Art” sehingga memungkinkan atlet eSports berlatih tanding dengan konektifitas terbaik (1:1 ke Global IP Backbone). Fasilitas untuk bertanding dengan atlet eSport luar negeri saat ini masih belum dimiliki oleh eSports Stadium lainnya di Indonesia.

“Fasilitas eSports Stadium ini dilengkapi bootcamp layaknya fasilitas pelatnas, termasuk adanya akademi yang didukung profesional berprestasi Indonesia dilevel internasional. Sehingga eSport Stadium tidak hanya sebagai arena bermain game, tetapi merupakan ajang mengukir prestasi dan menjanjikan masa depan bagi para atletnya”, tambah Syaifudin.

Nantinya, Fasilitas pendukung yang disiapkan eSports Stadium antara lain : fasilitas akademi, fasilitas asrama, fasilitas olahraga, coaching, dan klinik kesehatan. Fasilitas ini diperuntukan untuk mengatasi mental termasuk “nervous breakdown” akibat kalah bertanding ataupun akibat kecanduan berlatih eSports, layaknya atlet profesional bertaraf internasional.

Fasilitas akademi MDM eSports bukan hanya untuk atlet saja, tetapi juga dipersiapkan untuk individu lain yang memang ingin terjun dan berprofesi di industri eSports seperti : Caster, Video Production, Streamer, termasuk mempertemukan para sponsor dan brand yang sudah bekerjasama dengan MD Media.



from Klik Game http://ift.tt/2GQSrFC
via IFTTT

0 komentar:

Posting Komentar