Sabtu, 10 Februari 2018

KlikGame Offlane: Apa Itu Yamisok dan Mengapa ini Penting

Jujur saja, waktu kami diundang ke acara gala dinner Yamisok kami memiliki banyak pertanyaan yang ingin kami tanyakan. Walaupun pada akhirnya kami mengurungkan niat untuk bertanya langsung di acara tersebut karena satu dan dua hal. Akhirnya kami memutuskan bertanya pada beberapa orang yang kami anggap masih relevan.

Pertama untuk urusan nama Yamisok. Menurut orang yang kami tanya, Yamisok berasal dari ungkapan internal para petinggi Yamisok yang artinya keren atau luar biasa. Well, menarik! Setidaknya hal ini menjawab kenapa sebuah perusahaan sebesar ini diberi nama Yamisok.

Yamisok memiliki banyak cabang dan fase. Beberapa cabang atau badan yang sudah berdiri adalah, Yamisok (www.yamisok.com) itu sendiri yang merupakan sebuah platform matchmaking, market dan media sosial bagi gamer. Yang kedua adalah sebuah media bernama EsportsID (http://esports.id/). Sesuai dengan judulnya, media ini bakal banyak bergerak di bidang esports. 

Selain dua layanan di atas, Yamisok juga menyediakan YamiPlay yang merupakan publisher esports yang mengkhususkan diri untuk membantu para developer lokal yang ingin berkembang dan mungkin terjun di dunia esports. High Grounds yang merupakan sebuah Icafe yang bakal menjadi tempat banyak turnamen berlangsung dan mungkin juga menjadi basecamp bagi XcN. Terakhir adalah Yamisok For Event, yang merupakan sebuah sebuah tournament organizer yang bakal menggelar turnamen secara offline maupun online.

Bila membaca semua layanan mereka di atas, bisa dibilang Yamisok adalah Yamisok (keren atau luar biasa) dalam urusan esports. 

Bisa dibilang ide mereka adalah membawa semua layanan yang dibutuhkan oleh dunia esports Indonesia ke dalam satu atap. Gilanya lagi, mereka langsung mengadopsi tim XcN yang merupakan tim bersejarah di Indonesia. Bila kami bercerita mengenai tim XcN, maka kami akan menghasilkan satu artikel lagi yang kira-kira memiliki 1000 hingga 2000 kata. Karena perjalanan mereka memang sudah lama. Bahkan penulis pernah berhadapan “neck to neck” dengan mereka di dunia Battlefield 2.

Bila kamu sudah membaca sedikit penjelasan kami di atas, maka sekarang kami akan membahas mengapa Yamisok itu penting saat ini. 

Yamisok dan Ludus Florentis

Kalian tidak perlu mencari arti Ludus Florentis di Google Translate, karena arti dari kalimat tersebut sangatlah abstrak. Bila kalian baca artinya secara harfiah, kalian akan mendapatkan kalimat “game ini (terus) berkembang” atau “the flowering of games“.

Walaupun di Indonesia sempat diganjal oleh lembaga tolol (maaf) seperti KPAI, dunia game sedang berubah. Perubahannya sangat banyak sehingga bila kami sebutkan di sini, maka bagian ini bisa menjadi sebuah fitur baru yang sangat menarik dan komplit. Jadi akhirnya kami memutuskan untuk sedikit saja membahas perubahan yang terjadi di dunia game khususnya esports.

Perubahan yang paling mencolok adalah, saat ini anak-anak yang dulunya bermain game kini sudah memiliki anak dan kemungkinan besar anak mereka juga gamer. Kenapa perubahan tersebut paling penting dan mencolok? Karena dengan kondisi tersebut, orang-orang yang berdiri di atas, sudah mengalami regenerasi dan penggantinya adalah orang-orang yang besar bersama game.

Apa yang terjadi bila orang-orang yang besar bersama game memegang kekuasaan atau posisi penting? Well, dunia game akan semakin diakui, game akan menjadi literatur seni yang setara dengan buku atau film, akan ada banyak lembaga pendidikan yang mengangkat industri game sebagai salah satu bidang pendidikannya dan masih banyak lagi.

Hal yang sama terjadi dengan esports. Sebagai salah satu cabang terbesar dari game, esports mulai diakui di mana-mana dan dianggap sebagai sebuah bidang yang serius dan penting. Hal ini terlihat jelas dari berbagai upaya untuk memasukkan esports ke Olimpiade. Walaupun sempat menghadapi penolakan dan pengkategorian, esports sedang diusahakan oleh negara-negara besar untuk masuk ke cabang resmi Olimpiade.

Dengan adanya Yamisok, setidak kami memiliki salah satu wadah yang bisa digunakan untuk berhadap dengan pihak-pihak yang berusaha mengganjal perubahan ini karena merasa tidak nyaman atau tidak kenal dengan apa yang kami perjuangkan.

Takutnya karena merasa tidak kenal, mereka akan mengambil langkah ekstrim seperti memblokir, penghilangan paksa atau pembrangusan dunia esports Indonesia yang sedang tumbuh subur ini.

Jangan sampai apa yang sudah kita capai sekarang ini, malah dipukul mundur beberapa pihak seperti pemerintah. Hanya karena mereka malu mengakui kalau mereka sebenarnya tidak mengerti apa yang mereka lakukan.

Yamisok Kata Mereka

Saat event gala dinner berlangsung, kami sempat melakukan berbagai wawancara kecil-kecilan terhadap orang-orang di sekitar kami. Dalam wawancara tersebut terangkum beberapa input dan masalah yang mungkin dihadapi oleh Yamisok. Beberapa garis besarnya terangkum di baian yang ada di bawah ini.

Yamisok akan menghadapi masalah utama yang berhubungan dengan pengumpulan masa atau komunitas. Walaupun sudah diberi iming-iming dan kompensasi berupa hadiah, proses ini akan berlangsung cukup alot dan lama. Kenapa bisa begini? Karena pada dasarnya orang-orang yang berkecimping di esports sudah memiliki platform andalannya masing-masing, sehingga memindahkan dan membuat mereka percaya pada Yamisok adalah sebuah proses lama dan memakan waktu.

Ibarat kata Yamisok adalah proses mengajarkan orang Indonesia memakan Pizza. Proses ini memakan waktu bertahun-tahun dan baru membuahkan hasil ketika generasi millenial muncul. Berbicara masalah Pizza, Yamisok juga bisa menerapkan pola yang diterapkan oleh beberapa franchise burger besar di Indonesia. Ketimbang memaksakan orang Indonesia memakan burger, mereka memilih untuk merilis ayam goreng yang merupakan salah satu sumber protein utama orang Indonesia.

Dari masalah Pizza dan Ayam di atas, Yamisok harusnya bisa menyimpulkan dan meramu kombinasi yang pas dan cocok agar bisa merangkul komunitas sekaligus bertahan dari kondisi burnout yang mungkin dihadapi.

Bisnis game dan esports memang tidak pernah mudah di Indonesia. Dengan keterbatasan yang ada, terkadang kita membutuhkan validasi dan keberuntungan untuk keluar sebagai pemenang. Tapi bagaimanapun caranya, potensi pasar di Indonesia memang sangat menggiurkan. Bahkan di 2018 ini, proyeksi game dan esports di Indonesia mencapai 9,8 juta jiwa dan akan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Tim XcN Reborn

Di atas kami sempat menyinggung masalah XcN yang kini berganti nama dengan XcN Reborn. Sekedar mengingat masa lalu. Nama XcN muncul ke permukaan karena mereka kerap menjadi juara satu di berbagai turnamen yang berlangsung di tahun 2000-an.

Nama mereka kerap muncul di Counter-Strike 1.6, DotA dan berbagai cabang esports lainnya seperti misalnya Battlefield dan CrossFire. Dalam perjalanannya, tim ini sempat dimodali dan bergabung dengan Fnatic sehingga tercipta XcN Fnatic.

Nama-nama terkenal dari XcN adalah, Ritter, Lakuchi, Koala dan banyak lagi. Bisa dibilang, nama mereka sempat menjadi wajah esports Indonesia sebelum memasuki masa tuanya dan digantikan tim yang lebih mudah seperti Team nxl>. 

Sempat mati suri dan hanya aktif di cabang minor seperti CrossFire, XcN akhirnya merekrut berbagai pemain untuk aktif di beberapa cabang mayor di Indonesia. Di antara pemain yang mereka rekrut, tim DOTA 2 menjadi sorotan utama karena memiliki formasi yang garang dan unik karena beranggotakan lima pemain dari beberapa negara yang berbeda.

  • Nick “Splicko” Capeski (Australia)
  • Darcy “Godot” Jose (Australia)
  • Loyd “Loyd” Yoong Binjie (Malaysia)
  • Miguel “Miggel.Z” Zeppata (Filipina)
  • Chang “2hoi” Tu Hai (Indonesia)
  • Samuel “PqMz” J. Clifton (Inggris) – Coach

Secara Resmi kami perkenalkan Divisi DOTA di Team XcN.Our new brothers!#yamisok #highgrounds #gamdias #akara #vivagoal #putrapeduli #esportsid

Team XCN Gaming 发布于 2018年1月31日

Beberapa pemain di atas cukup familier dan punya segudang pengalaman. Godot merupakan pemain Australia yang sudah aktif sejak tahun 2011. Sementara itu 2hoi adalah pemain Indonesia yang dulu sempat bermain untuk EVOS Esports.

Tentang High Ground Jakarta

High Ground adalah sebuah gaming lounge yang menjadi pelengkap dari segala fitur yang ditawarkan oleh Yamisok. Bangunan yang katanya akan selesai di akhir Februari ini memiliki empat lantai dengan berbagai desain dan peruntukan yang berbeda-beda.

Lantai 1 – Cafe & Restaurant

Tempat paling cocok untuk kamu bersama teman-teman, rekan, ataupun keluarga hangout sambil menikmati hidangan yang sedap ala High Grounds Jakarta. Agar semakin nyaman, tentu saja Cafe & Restaurant ini dilengkapi dengan layar LED dan TV berukuran besar yang memungkinkan pengunjung untuk menonton pertandingan eSports tingkat dunia yang sedang LIVE.

Area ini juga begitu luas, karena mampu menampung hingga 100 orang pengunjung. Jika ingin melakukan private gathering, tersedia pula VIP Room yang bisa menampung hingga 12 orang di dalamnya.

Lantai 2 – Premium Internet Lounge

Area ideal bagi para Gamer berada di High Grounds Jakarta Lantai 2 yang menghadirkan ruangan dengan suasana gaming yang begitu kental. Tersedia 36 PC dengan spesifikasi teratas dan juga 20 konsol terkini yang memberikan pengalaman bermain game maksimal. Kenyamanan pula kian terjamin berkat adanya sofa yang disediakan khusus bagi para pengunjung.

Lantai 3 – Private Gaming Room

Tak ketinggalan, sebuah lantai khusus di High Grounds Jakarta tersedia bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman gaming secara lebih private. Ada empat multifungsional VIP Rooms untuk 10-12 orang, di mana pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai social gathering, meeting, perayaan ulang tahun baik bersama dengan teman, rekan, dan termasuk keluarga. Di tiap ruangan, sudah tersedia 6 PC dan berbagai pilihan konsol yang menarik.

Lantai 4 – Bar & Tournament Arena

Memadukan konsep mewah dari bar dan stadium eSports, High Grounds Jakarta Lantai 4 dilengkapi dengan layar super besar sekaligus sistem audio yang berkelas tinggi. Layaknya Tournament Arena yang bergengsi, di mana professional player beserta fans bisa berbaur menjadi satu dan menghadirkan suasana eSports yang begitu megah untuk merayakan kemenangan.

Bar & Tournament Arena di High Grounds Jakarta memungkinkan pengunjung hingga 120 tempat duduk untuk menyaksikan turnamen eSports yang sedang berlangsung. Jika kehabisan tempat duduk, pengunjung juga dapat berdiri karena area ini begitu luas yang bisa menampung hingga 250 pengunjung.


Panggil kami sebagai ahli nujum, tapi kami tahu satu hal. High Ground mungkin akan menjadi salah satu kandidat terbaik untuk sebuah komunitas besar yang akan mengadakan turnamen kelas dunia di Indonesia. Bila tidak ada halangan dan rintangan, turnamen tersebut akan terselenggara di kuartal ketiga atau keempat tahun 2018.

Kenapa kami bisa tahu informasi di atas? Sekali lagi, panggil kami ahli nujum yang bisa memprediksi masa depan atau kebetulan saja, orang yang berada di balik tulisan ini adalah orang-orang yang berkecimpung 100 persen di dunia esports Indonesia.


Penutup

Tumben kami tidak memberikan petunjuk atau guide cara menggunakan Yamisok dan sebagainya. Bukan kami tidak mau, tapi proses tersebut cukup mudah layaknya mendaftar untuk forum atau sosial media lainnya. Tentunya dengan sedikit perbedaan di sana-sini.

Perbedaan paling menarik datang dari gamelist yang bisa kami ikuti. Entah mengapa gamelist ini tidak menyertakan Street Fighter V yang merupakan cabang esports dengan kompetisi resmi berupa CPT (Capcom Pro Tour) sekelas EVO di Indonesia. Sayang sekali bukan…

Sebenarnya ada banyak hal menarik yang bisa kami ungkapkan di artikel ini, tetapi rasanya kurang bijak kalau kami ungkapkan semuanya. Pada intinya Yamisok itu penting dan bisa menjadi soko guru dunia esports Indonesia. Sebagai penutup kami ucapkan, welcome Yamisok, good luck and godspeed.



from Klik Game http://ift.tt/2EfFmZD
via IFTTT

0 komentar:

Posting Komentar